Facebook Kontes : 3 Strategi Sukses Menjalankan Kontes

Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan contoh kontes yang salah, jika anda belum membacanya silakan baca terlebih dahulu di Kesalahan Dalam Penggunaan Facebook Kontes.

Hari ini kita akan lihat 3 Strategi bagaimana agar kontes yang kita berikan dapat berhasil maksimal dan tidak pernah ditutup oleh facebook oleh karena kesalahan yang kita buat dan melanggar aturan facebook kontes itu sendiri. Kita semua tahu bahwa hampir semua orang sering menggunakan facebook kontes namun hampir semua orang juga bingung bagaimana melakukannya dengan benar.

Kebanyakkan orang tidak tahu aturan dari Facebook mengenai kontes hingga akhirnya mereka hanya meniru kontes2 yang sudah dilakukan oleh orang lain padahal itu belum tentu benar seperti yang sudah saya berikan dalam artikel kesalahan penggunaan facebook kontes.

Berikut ini 3 Strategi Menjalankan Facebook Kontes dengan benar :

1. Baca Aturan Facebook Kontes

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membaca aturan facebook kontes. Kebanyakkan orang tidak membaca ini padahal sebenarnya semua sudah ditulis dengan jelas. Silakan baca Aturan Facebook Kontes khususnya pada bagian Promotions.

Misalnya, mereka melihat sebuah kontes yang mengatakan “Tulislah keterangan untuk foto ini. Entri terlucu akan menang ” dan akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan hal yang sama.

Cara ini tampak seperti kontes yang sederhana, tetapi jika sistem otomatis Facebook mendeteksinya, pages Anda bisa dilarang atau dihapus. Dan jika pengguna melaporkan kontes atau post sebagai spam, atau bahwa itu melanggar aturan Facebook, Anda juga berisiko ditutup. Saya yakin anda tidak mau hal ini terjadi bukan? maka dari itu baca ATURAN FACEBOOK KONTES.

2. Pastikan Hadiah dan Kontes Relevan

Apa maksudnya?

Kebanyakkan orang menjalankan kontes tanpa berpikir matang terlebih dahulu. Mereka berpikir dengan memberikan hadiah2 yang dibutuhkan oleh user maka pastilah kontesnya akan berhasil. Saya katakan bahwa itu SALAH BESAR.

contoh facebook contest2

Saya mau kasih gambaran ke anda misalnya anda menjual KUE dan anda menjalankan kontes dengan hadiah IPAD. Menurut anda kira2 apakah orang yang akan ikut kontes anda itu sudah pasti tertarget yang artinya memang orang yang suka dengan kue anda?

Jawabannya TIDAK. Semua orang suka IPAD, jadi yang ikut kontes anda sudah pasti orang yang suka IPAD. Disinilah pentingnya menentukan hadiah kontes yang relevan. Jika anda ingin orang yang ikut kontes benar – benar tertarget maka berikanlah hadiah yang sesuai dengan bisnis anda.

Kalau anda menjual kue berilah hadiah Cup Cake, jika anda menjual SPA, berikan gratis Facial, jika anda menjual Mobil berikan gratis OLI. Itulah beberapa contoh mudah dalam menjalankan kontes.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Menjalankan Kontes

Sesuai dengan aturan yang ditetapkan facebook bahwa Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menjalankan kontes. Facebook tidak memungkinkan perusahaan untuk menggunakan status update untuk memberitahu pemenang bahwa mereka telah memenangkan kecuali mereka juga memberitahukan pemenang melalui email, telepon snailmail, atau, heck, telegraf.

facebook kontes1

Dan dalam rangka untuk mengumpulkan data dari peserta, Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika Facebook melihat bahwa ketika anda menjalankan kontes dan cara pemberitahuan pemenang yang menyimpang dari kebijakan perusahaan, mereka dapat menutup pages Anda.

Hal ini dilakukan Facebook untuk menghindari terjadinya SPAM atau Penipuan. Aplikasi pihak ketiga yang saya rekomendasikan adalah anda dapat menggunakan SHORTSTACK. Ini adalah aplikasi yang bagus sekali jika ingin menjalankan kontes. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk viral fan pages seperti Share gate dan Fan gate. Silakan coba versi TRIAL di SINI.

Baiklah cukup sekian untuk hari ini, pada artikel berikutnya kita akan lanjut lagi 3 strategi tambahan dalam menjalankan Facebook kontes. See you…

Berikan Komentar Anda Dibawah Ini :