Apa dan Cara Pakai Facebook Ads Conversion Tracking

tingkat konversiPada artikel sebelumnya kita sudah belajar bagaimana menggunakan Power Editor untuk mengatur iklan kita di facebook. Pada artikel kali ini saya ingin share hal baru juga yang saya coba yaitu tentang conversion tracking.

Ini adalah fitur baru yang disediakan oleh Facebook dan baru di release. Dari namanya harusnya anda sudah bisa memahami secara global maksudnya yaitu untuk mengukur tingkat konversi dari iklan kita di Facebook.

Kita semua tahu bahwa dalam bisnis apapun yang paling penting adalah konversi, pengunjung banyak tapi konversi kecil juga tidak jadi duit. Seperti apa yang pernah dikatakan seorang pakar internet Suwandi Chow bahwa :

TRAFFIC  + KONVERSI = DUIT.

Dua komponen ini harus terpenuhi jika ingin mendapatkan penghasilan. Kalau salah satu tidak ada tetap saja anda tidak akan mendapatkan uang. Baiklah sekarang mari kita bahas lebih detail mengenai Conversion Tracking.

Apa yang dimaksud dengan Conversion Tracking?

Memahami pengertian dari Conversion tracking mari kita coba lihat kutipan yang saya ambil dari facebook.

Conversion tracking helps businesses measure the return on investment of their Facebook Ads by reporting on the actions people take after viewing those ads. Advertisers can create pixels that track conversions, add them to the pages of their website where the conversions will happen, and then track these conversions back to ads they are running on Facebook. Conversion tracking also helps businesses leverage optimized cost per impressions (oCPM) to show ads to people who are more likely to convert off Facebook.

Berdasarkan kutipan diatas artinya, Conversion Tracking membantu para pebisnis untuk mengukur ROI dari Facebook ads dengan cara memberi laporan terhadap action yang dilakukan oleh orang setelah melihat iklan anda. Pengiklan dapat membuat pixels yang berguna untuk track konversi, menambahkannya di pages atau website dimana konversi itu akan terjadi dan melacak konversi tersebut di dalam iklan facebook.

Jadi Melacak konversi dapat membantu pebisnis mengotimalkan CPM dengan hanya menampilkan iklan kepada orang2 yang memang lebih suka terhadap iklan anda.  Lalu apa maksudnya dengan Konversi ?

A conversion is an action that a person takes on your website such as checking out, registering, adding an item to the shopping cart, or viewing a particular page. Virtually any page on your website can represent a conversion, and you can create and add the conversion tracking code on any page of your website.

Jadi dengan kata lain anda akan bisa melihat secara detail action apa saja yang dilakukan pengunjung terhadap iklan anda baik itu registrasi, add to cart, atau konversi lainnya. Anda akan lebih tahu sukses atau tidaknya sebuah iklan di Facebook ads dengan bantuan conversion tracking ini.

Cara Penggunaan Conversion Tracking

Berikut ini adalah langkah – langkah yang bisa anda lakukan untuk menggunakan Conversion Tracking :

1. Silakan anda login ke Facebook, lalu lihat pada bagian “Manage Ads

iklan facebook

2. Setelah itu lihat di sebelah kiri ada pilihan “Conversion Tracking”, silakan klik disana.

conversion tracking

 

3. Mulailah membuat Conversion Tracking dengan klik pada tombol “Create Conversion Tracking” yang ada disebelah kiri atas.

tombol conversion tracking

4. Silakan isi Nama dan Kategori. Sesuaikan kategori dengan konversi yang ingin anda tracking, disana ada 5 kategori yang bisa dipilih. Misalnya saya ingin tracking jumlah Leads, maka saya akan pilih kategori Leads. Jika sudah langsung saja klik tombol Create Pixel.

isi data conversion tracking

 

5. Setelah itu akan muncul kode nya yang bisa anda copy paste pada landing pages yang merupakan target URL dari iklan facebook anda. Letakkan kode tersebut diantara kode HTML landing pages bagian

<head>Kode Pixel </head>

kode conversion tracking

 

6. Jika sudah maka silakan buat iklan anda, lalu jangan lupa centang Conversion Tracking yang sudah anda pasang di Website. Silakan perhatikan gambar dibawah ini :

cara pakai conversion tracking

Jika kode yang anda pasang salah atau tidak terdeteksi, maka akan muncul peringatan seperti yang ada didalam box kuning diatas, itu terjadi karena saya tidak memasang kodenya di Website target URL.

7. Jika semua sudah dilakukan maka sekarang saatnya melihat hasil konversi setelah iklan anda berjalan. Konversi bisa anda lihat pada kolom “Action“. Silakan anda coba terlebih dahulu baru akana mengerti apa yang dimaksud.

Demikianlah info mengenai cara memasang Conversion Tracking pada iklan facebook agar dapat lebih mudah mengetahui apakah iklan kita memberikan hasil yang baik atau buruk. Praktekkan apa yang sudah dipelajari akan membuat anda benar – benar memahami tekniknya. Semoga bermanfaat.

Berikan Komentar Anda Dibawah Ini :