Cara Menggunakan Fitur Target Post Pada Facebook

facebook target postIni adalah salah satu cara untuk meningkatkan Engagement facebook anda yaitu dengan cara menentukan target posting anda. Selama ini saya yakin pasti anda semua tidak memperhatikan fitur ini atau bahkan ada yang tidak tahu dimanakah letak fitur ini.

Apa sebenarnya Target Post?

Target Post adalah fitur baru yang disediakan oleh facebook untuk membatasi jumlah audience atau user yang bisa membaca status update anda. Jadi seandainya anda membuat sebuah posting yang hanya diarahkan dan dibaca oleh orang yang berada di Bandung itu bisa dilakukan dengan fitur ini.

Contoh :

Anda ingin mempromosikan sebuah seminar yang diadakan di Bandung, dan tentu saja pasti anda hanya ingin promosi seminar ini hanya dilihat oleh orang bandung yang memang 1 lokasi. Sekarang dengan fitur terbaru dari  Facebook anda sudah bisa lakukan itu semua.

Ada beberapa kategori yang diberikan oleh facebook sebagai target post :

  • Gender: male or female
  • Relationship status: single, in a relationship, engaged or married
  • Educational status: in high school, in college, college grad
  • Interested in: men or women
  • Age: select a range between 13 and 65
  • Location: country, region or state, city
  • Language: Type in the language

Dimana letak Fitur Target Post ?

Silakan anda lihat pada gambar dibawah ini :

target post

Jadi sebenarnya fitur ini disediakan oleh facebook agar konten atau posting kita hanya di tampilkan ke orang2 yang memang membutuhkan informasi ini. Ini akan sangat membantu kita untuk membangun relevansi konten.

Beberapa tips cara menggunakan Fitur Target Post :

1. Target ke Segment Yang Memang Membutuhkan

Ini maksudnya adalah ketika anda mempromosikan event yang memang hanya lokal saja, anda bisa persempit target anda hanya ke kota anda. Jadi user yang berada dikota lain tidak akan melihat konten ini karena itu juga tidak akan berguna buat mereka.

2. Membuat Target Lebih Dikenal

Ini juga kegunaan dari target post. Dengan anda benar – benar memilih target yang sesuai, maka user atau pengunjung anda akan merasa bahwa anda selalu menyajikan konten yang memang mereka butuhkan jadi bukan konten yang umum.

3. Selalu Ukur Hasilnya

Anda bisa melihat posting yang anda target kan seberapa bagus hasilnya pada bagian Page Insight. Perhatikan khususnya pada kolom “Talking About This“.

Ingatlah fitur target post ini sangat powerfull sekali, gunakan ini untuk membangun kedekatan dengan fans anda. Jangan selalu gunakan untuk Push marketing anda karena akan beresiko fans anda meninggalkan facebook anda. Kuncinya facebook adalah tempat untuk membangun interaksi bukan untuk bertransaksi.

Jadi gunakan porsi 80:20 untuk keduanya. 80% untuk membangun hubungan dan 20% untuk mempromosikan bisnis anda. Jangan sampai terbalik karena bisa berakibat fatal. Selamat Mencoba !!

Berikan Komentar Anda Dibawah Ini :