facebook posting promosi

Facebook Membatasi Posting Promosi? Apa Solusinya?

Kita semua tau bahwa kebanyakkan posting kita di Facebook hanya menjangkau 3-6% dari total fans yang ada, dan kabar buruknya adalah mulai tahun 2015 Facebook mulai membuat aturan baru lagi untuk newsfeed yaitu Facebook membatasi posting yang bersifat Promosi. WHAT !!!

Facebook melakukan hal ini dikarenakan berdasarkan hasil survey yang dilakukan, banyak facebook user yang komplain karena banyaknya status promosi di news feed mereka padahal mereka hanya ingin melihat sharing dan cerita, bukan konten promosi.

Jadi Apa Artinya ?

Apakah berarti Anda sudah tidak bisa lagi posting promosi di Facebook atau membuat posting promosi anda tampil di News Feed? Belum Tentu !!

Inilah jawaban penting yang diberikan oleh salah seorang social media strategist yang bernama Kim Garst.

3 Jenis Posting yang Di Larang Facebook

Sebenarnya posting yang dibatasi oleh Facebook dibagi menjadi 3 jenis yaitu  :

  • Posting yang sifatnya mengajak orang untuk beli produk atau install aplikasi : Ini adalah jenis posting yang langsung mengajak orang untuk beli sesuatu misalnya ajakan Klik Disini untuk Beli Sekarang !
  • Posting yang sifatnya memaksa orang untuk ikut promosi atau kontes yang tidak jelas aturannya : hal ini seperti kontes2 yang sebenarnya hanya untuk grab data anda padahal tujuannya tidak terlalu jelas.
  • Posting yang dibuat sama persis dengan posting hasil iklan di Facebook Ads : Kalau misalnya anda sudah membuat iklan dengan Facebook ads, jangan lakukan copy paste konten yang anda iklankan ke dalam posting Anda.

contoh posting promosi

Jika anda perhatikan, posting diatas merupakan posting yang terlalu berlebihan dan terlalu mencolok sekali dalam hal promosi. JANGAN LAKUKAN SEPERTI ITU !!

3 Cara Membuat Posting Promosi Tetap Tampil Di NewsFeed

Lalu pertanyaan yang sering muncul adalah “Apakah saya tetap bisa menggunakan Facebook untuk menjual produk dan jasa saya?”. Pertanyaan ini paling banyak sekali ditanyakan oleh para pebisnis Facebook baik didalam maupun luar negeri. Jawabannya adalah Anda tetap bisa lakukan itu tapi dengan cara yang berbeda.

Disini ada 3 Cara yang bisa anda gunakan supaya posting promosi anda tetap bisa tampil di newsfeed :

1. Gunakan Beberapa Konteks dalam membuat Posting promosi

Sesuai dengan aturan baru, sangat penting sekali untuk menambahkan konteks pada posting anda yang bersifat promosi. Sebagai contoh coba perhatikan 2 contoh berikut dan mana yang menurut Anda lebih membuat orang tertarik untuk membeli :

“Klik link dibawah ini untuk mendapatkan ebooks terbaru saya. Banyak info yang disharing dan saya yakin anda pasti menyukainya. Hanya 100rb, beli sekarang juga !!”

Atau

“Biasanya sebagai pebisnis kita selalu ingin bisa mendapatkan pelanggan baru. Saya biasanya membutuhkan waktu hampir 3 jam hanya untuk melayani 1 customer, dan sekarang berdasarkan pengalaman yang saya miliki saya berhasil menyusun sebuah langkah demi langkah untuk membantu para bisnis owner melakukan ini secara lebih cepat…”

Jawaban saya adalah yang no 2 karena menggunakan soft selling. Dari 2 jenis posting diatas kesimpulannya adalah posting berupa cerita pengalaman pribadi merupakan cara yang bagus untuk mengganti posting yang sifatnya promosi secara langsung karena memberikan kontex yang lebih jelas.

2. Gunakan posting untuk mengarahkan pengunjung ke website anda, baru kemudian diarahkan untuk menjadi List Anda.

Sebagai facebook marketer, sangat penting sekali bagi anda untuk memiliki Funnel dalam bisnis Anda. Funnel ini tujuannya untuk menangkap data email dari prospek yang nantinya bisa anda follow up menjadi customer Anda.

cara buat funnel mudah

Cara buat funnel di Facebook juga sangat mudah sekali, anda bisa gunakan tool Funnel SAKTI DISINI. Jadi dengan adanya funnel anda bisa menjual apapun yang anda inginkan dan tentunya harus relevance dengan apa yang anda tawarkan sebelumnya.

3. Lakukan Posting yang tidak bersifat promosi sesering mungkin untuk membangun hubungan dengan Fans Anda.

Salah satu hal yang sangat penting dalam FB Pages adalah selalu memberikan konten yang bermanfaat sesering mungkin untuk mendapatkan LIKE, SHARE dan KOMENTAR yang banyak.

Posting bisa berupa motivasi, inspirasi, humor, pertanyaan dan apapun yang tidak bersifat promosi. Sebagai contoh perhatikan Fanpages Planetuang.

Anda bisa posting setidaknya 5-6x sehari untuk membuat postingannya sering tampil di Newsfeed dan mendapatkan banyak interaksi.

Baik itulah 3 cara yang disharingkan oleh Kim Garst dan menurut saya cara ini sangat bagus untuk persiapan mengatasi aturan facebook yang baru pada tahun 2015.

Sudah siap dengan konsep marketing baru di Facebook? Sharingkan pendapat Anda…

Berikan Komentar Anda Dibawah Ini :