Ketahui Perilaku Customer Online Facebook Khususnya Wanita

Perilaku konsumen online di Indonesia begitu beragam, dan hal ini sangat berkaitan dengan aneka barang yang sering mereka beli via jalur online. Wanita pesolek yang menyukai kosmetik misalnya, akan rajin membuka-buka situs kosmetik dan kecantikan. Begitu juga wanita penyuka aneka camilan, akan secara aktif berburu informasi tentang komoditi yang mereka inginkan.

Gemar Mencari Informasi

Perilaku konsumen online di Indonesia, terutama wanita, tergolong aktif. Mereka gemar mencari informasi barang di pasar online, di mana pun mereka berada. Faktanya, 83% perempuan Indonesia memanfaatkan fasilitas smartphone untuk tersambung ke internet.

Untung-Ruginya-Belanja-di-Online-Shop

Sebagai target pasar unggulan, kaum wanita cukup cukup potensial dijaring melalui pemasaran di situs jejaring sosial. Bagaimana tidak, sebanyak 94% wanita di Indonesia mempunyai akun Facebook. Selain itu, sebanyak 27% perempuan di Indonesia memiliki akun Twitter. Selebihnya,  60% wanita di Indonesia secara giat mem-follow akun Twitter produk-produk  favorit mereka.

Tergolong Agresif

Ungkapan yang menyebutkan wanita identik dengan belanja, barangkali, banyak benarnya. Secara faktual, perilaku konsumen online di Indonesia dengan target wanita tergolong agresif. Bisa jadi, hal ini berkaitan dengan salah satu tugas para ibu rumah tangga, yakni berbelanja berbagai barang untuk kebutuhan sehari-hari.

Fakta lainnya menyebutkan bahwa  11 % dari perempuan penghuni negara Indonesia secara aktif kerap  meng-update harga promo aneka barang kebutuhan sehari-hari via media sosial.

customer wanita

Perilaku konsumen online di Indonesia dengan target wanita tak ragu berbelanja via internet, walaupun hanya 14 % wanita di Indonesia berbelanja online lantaran mengenal penjualnya. Tak mengherankan, berbelanja secara online memang banyak mendatangkan keuntungan bagi wanita, di antaranya adalah menghemat waktu, praktis, tak perlu melakukan perjalanan menuju toko, bebas kemacetan, dan tak perlu antri di kasir. Berdasarkan survey, rata-rata wanita Indonesia menghabiskan 253 ribu hingga satu juta rupiah per satu kali transaksi ketika berbelanja secara online.

Sharing Informasi

Bisa dibilang, perilaku konsumen online di Indonesia terutama wanita, tergolong serius dalam berbelanja. Sejumlah  84% perempuan bersedia meluangkan waktu untuk menggali informasi mengenai aneka produk yang akan dibeli. Selebihnya, sebanyak 78% perempuan akan melakukan sharing informasi tersebut via media sosial pascaberbelanja.

Sharing informasi

Namun, perlu diketahui, walupun perilaku konsumen online di Indonesia cukup aktif, namun sebanyak 99 % wanita di Indonesia sama sekali tidak pernah bertransaksi atau berbelanja kosmetik via internet. Pasalnya, kosmetik berkaitan dengan  faktor kecocokan kulit dengan aneka bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik.

Saat berbelanja secara online, kosmetik tak bisa dicoba terlebih dahulu seperti halnya pada saat berbelanja secara konvensional. Satu hal perlu dicatat bahwa perempuan Indonesia mudah terpikat pada produk yang dikemas secara menarik dengan tampilan gambar artistik. Nah, begitulah perilaku konsumen online di Indonesia dengan target wanita.

Berikan Komentar Anda Dibawah Ini :