Pengenalan Fitur Facebook Domain Sponsored Story

Hallo teman – teman semua, artikel hari ini saya ingin memperkenalkan sebuah fitur yang disebut dengan Domain Sponsored Story. Tapi sebelum nya saya ingin memberikan gambaran dulu kepada anda diantara kedua gambar posting dibawah ini, manakah yang dapat memberikan CTR paling besar jika kita promosikan dengan Facebook ads?

domain sponsored story

FAKTA :  Orang lebih suka klik pada posting yang merupakan hasil referensi dari temannya dibanding posting yang ada pada pages tertentu.

Berdasarkan hasil testing, inilah dia perbandingan hasil CTR yang didapat :

domain sponsored story

Disini kita bisa lihat bahwa sesuatu produk atau barang yang direfrensikan oleh teman pastilah kita akan lebih mau melihat daripada jika ditawarkan langsung oleh sang penjual betul tidak? Inilah yang terjadi dalam posting tersebut. Sesuatu posting yang merupakan share dari teman memiliki klik lebih besar daripada posting dari merchant yang punya konten.

Sudah menangkap maksud dari posting hari ini? Kalau belum terus baca lagi…..

Apa yang Dimaksud Domain Sponsored Story ?

Selama ini mungkin yang sering atau pernah anda dengar dalam Facebook Ads adalah Sponsored Story. Jadi ketika kita akan mengiklankan salah satu posting kita ataupun lainnya pastilah Facebook akan memberikan option tambahan yaitu Sponsored Story. Perhatikan gambar dibawah ini :

domain sponsored story

Sponsored Story disini maksudnya adalah Facebook akan menampilkan iklan kita hanya pada teman dari orang yang sudah menjadi Fans kita atau teman dari orang yang LIKE, SHARE atau Komentar di Posting kita. Sponsored Story ini akan tampil di News Feed atau Sidebar di teman fans anda.

Beda halnya dengan Domain Sponsored Story, dengan klaim domain dan memasukkan sedikit kode sederhana ke dalam website, facebook dapat membuat sponsored story seputar interaksi yang terjadi didalam domain anda. Dahsyat bukan? tidak perduli anda memiliki Facebook pages atau tidak, anda tetap dapat mempromosikan Sponsored Story yang berasal dari domain anda.

Secara default, ketika kita mempromosikan URL external atau domain external, sponsored story tidak ada. Perhatikan tampilan berikut ini :

URL external FB

Biasanya, ketika kita mengiklankan Facebook Pages pasti dibawah iklan ada Sponsored Story, betul ? perhatikan gambar sebelumnya. Tapi ketika kita mempromosikan URL External dalam hal ini contohnya adalah www.Planetuang.com, tidak terlihat sponsored story sama sekali. Lalu bagaimana cara memunculkannya? akan kita bahas pada artikel berikutnya…

Apa Keuntungan Domain Sponsored Story?

Ketika anda membuat posting pada Facebook pages dan mempromosikan posting tersebut baik berupa video, link, cerita, foto atau peristiwa tertentu, secara tidak langsung anda sedang membangun keterlibatan fans terhadap pages anda dengan tujuan untuk menaikkan ranking facebook dan menambah jumlah Fans.

Kalau dengan domain sponsored story, anda dapat menambah jumlah traffic ke website dengan lebih cepat. Berbicara tentang mendatangkan traffic sama halnya ketika beriklan dengan Google adword, namun bedanya disini yang kita iklankan adalah hasil refrensi dari teman mereka sendiri. Ini jauh akan membuat orang lebih tertarik untuk melihatnya sehingga CTR menjadi lebih besar. Coba lihat lagi perbandingan iklan pada gambar diatas tadi.

Apa Keterbatasan Dari Domain Sponsored Story?

Selain keuntungan, domain sponsored story juga memiliki beberapa keterbatasan yaitu :

  • Tidak dapat mempromosikan berdasarkan posting yang spesifik, Jadi anda tidak bisa hanya mempromosikan blog post yang sudah lama atau memiliki posting tertentu saja. Misalnya anda ingin mempromosikan produk terbaru, jangan gunakan fitur ini.
  • Tidak bisa Mempromosikan sharing dari orang tertentu, Ketika menggunakan domain sponsored story, facebook secara otomatis akan mempromosikan semua sharing yang terjadi pada domain atau website anda. Kita tidak bisa memilih hanya promosi dari orang2 tertentu yang sharing posting kita.
  • Tidak Bisa Mengontrol Sharing Negatif Dari Orang, Mengapa orang mau share konten posting anda? bisa saja karena posting anda bagus atau mungkin posting anda jelek. Kalau misalnya ada yang komentar “blog ini jelek sekali“, maka otomatis akan bisa dilihat oleh banyak orang.

Baiklah itu sekilas pengenalan mengenai Domain Sponsored Story, pada artikel berikut nya saya akan berikan tutorial bagaimana cara praktek penggunaanya. Sampai jumlah di artikel berikutnya.

Berikan Komentar Anda Dibawah Ini :