cara iklan facebook

Perubahan Fitur Cara Beriklan Di Facebook Ads

Pada tanggal 5 November kemarin facebook baru saya merubah sistem penyusunan cara membuat iklan di facebook. Kita tahu bahwa Facebook Ads terdiri dari 3 bagian utama yaitu Campaign, Ad Set dan Ads. Berikut ini adalah gambaran umum dari penyusunan di facebook ads versi terbaru.

Tampilan Susunan Umum Bagian Facebook Ads

Perubahan Penyusunan Iklan Facebook

Dulu penyusunan dari Facebook Ads adalah seperti ini :

  • Campaign : Target Iklan
  • Ad Set : Budgeting (Total Budget Anda) dan Scheduling ( penentuan kapan iklan ditayangkan)
  • Ad : Isi Iklan, Placement (Peletakkan posisi iklan), Targeting dan Bidding ( Target iklan dan biaya)

Sekarang setelah tanggal 5 November berubah menjadi :

  • Campaign : Target Iklan
  • Ad Set : Budgeting, Schedulling, Placement, Targetting dan Bidding
  • Ad : Isi Iklan

Kalau anda perhatikan pada perubahan tersebut saat ini pada bagian Ad hanya fokus pada isi iklan, jadi sudah tidak bisa melakukan perubahan pada placement dan targeting. Hal ini tentu saja menjadi lebih baik sehingga pada bagian Ad kita bisa lebih fokus pada isi iklan.

Supaya anda bisa mengerti dengan perubahan yang terjadi ini, saya akan jelaskan bagian2 apa saja yang harus kita buat ketika beriklan dengan Facebook. Ada 3 Step utama yang harus kita lakukan untuk membuat iklan di Facebook yaitu :

1. Buat Campaign

Pertama kali kita membuat iklan di Facebook kita harus buat dulu campaignnya. Pada bagian Campaign ini anda bisa menentukan target iklan anda. Perhatikan gambar dibawah ini :

buat campaign iklan

Jadi langkah pertama anda adalah tentukan tujuan iklan anda, apakah untuk click to website, website conversion dsb. Misalnya anda ingin mengiklankan website anda, anda bisa pilih target campaignnya adalah Click to Website.

2. Buat AD SET

Langkah berikutnya adalah anda membuat Ad Set. Sesuai perubahan yang terjadi, Pada bagian ini anda bisa lakukan Budgeting, Scheduling, placement , Targetting dan Bidding. Inilah bagiannya :

Budgeting

Pada bagian ini anda tentukan berapa budget yang anda siapkan untuk beriklan, ada 2 jenis yaitu perhari atau lifetime budget. Kalau bidding untuk menentukan apakah sistem pembayaran berdasarkan per klik ( CPC ) atau optimize for website click dimana hitungannya adalah CPM. Penjelasan mengenai perbedaan CPC dan CPM silakan baca di artikel Perhitungan Biaya CPC dan CPM.

3. Buat ADS

Nah pada langkah ketiga barulah anda mulai buat isi iklan yang terdiri dari Headline ( Judul), isi iklan, dan Gambar Iklan. Perhatikan gambar dibawah ini:

gambar iklan isi iklan facebook

Pada bagian Ad ini anda masukkan gambar dan buat isi iklannya, dan Anda tentukan peletakkannya atau placement yang ada disebelah kanan. Ada 3 Placement yaitu Dekstop News Feed, Mobile News Feed dan Right Coloum.

Mungkin anda bertanya kok Setting placement dilakukan pada bagian ini ? betul sekali untuk pertama kali membuat iklan setting placement emang dilakukan pada bagian ini namun secara otomatis ketika iklan sudah running maka placement hanya bisa dirubah lewat AD SET.

Setelah iklan anda selesai, maka anda tinggal klik tombol Place Order dan iklan anda akan direview oleh Facebook. Jika di Approved maka iklan anda baru ditayangkan. Demikianlah garis besar cara buat iklan, mungkin untuk yang lebih detail akan dibahas pada posting2 berikutnya.

Jika ada pertanyaan, silakan tanyakan lewat komentar dibawah ini.

Berikan Komentar Anda Dibawah Ini :